background

Rabu, 30 November 2011

Membuat windows media player menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0

 
Langkah langkah yang akan kita tempuh untuk membuat Aplikasi Media Player ini adalah sebagai berikut :
1.       Aktifkan microsoft visual Basic yang ada di komputer / laptop kalian
2.       Kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini, maka kita pilih Standard.EXE kemudian klik tombol open. 
3.       Tahap selanjutnya kita akan menuju ke tampilan umum form project visual basic 6.0 seperti gambar di bawah ini . 

4.       Kemudian, persiapkan komponen-komponen pendukung utama membuat aplikasi Windows Media Player ini , dengan cara menuju ke menu Project – Components. Atau dengan menekan tomboll (CTRL + T) 

5.       Lalu carilah dua komponen utama pendukung yaitu komponen Microsoft Commond Dialog Control 6.0 dan Windows Media Player,  dan berilah tanda ceklis kepada 2 komponen tersebut lalu OK.

6.       Selanjutnya designlah form VB tersebut untuk membuat aplikasi windows media player tersebut . 

7.       Aturlah properties dan nama dari tiap control yang telah ada.
-          Form1
Name : FormMP
Caption : Windows Media Player
-          Windows Media Player 1
Name : windowsmediaplayer1
-          Common dialog 1
Name : commondialog1
-          Command Button 1
Name : CmdOpen
Caption : open
-          Command Button 2
Name : CmdExit
Caption : Exit
Maka tampilannya akan seprti di bawah ini 

8.       Langkah selanjutnya adalah tahap pemberian code pada tiap control agar aplikasi bisa dijalankan sesuai fungsinya . langkahnya adalah double klik pada command button open dan nanti kita akan berhadapan dengan source code window atau jendela code, dan untuk selanjutnya tuliskan codenya seperti yang terlihat pada gambar berikut ini. 

9.       Jika kode sudah dituliskan, untuk menjalankan aplikasinya cukup menekan tombol Start atau dengan menekan tombol F5. Jika kode yang kita tuliskan tidak ada eror atau salah menuliskan code program maka hasil akhir dari program tersebut terlihat seperti gambar dibawah ini. Gambar tersebut merupakan program saat sedang running 

10.   Lalu tekan tombol open pada program yang sedang berjalan untuk memilih file musik yang kita mainkan. Disini saya memilih lagu american idiot dari green day.

11.   Kemudian lagu yang sudah saya pilih tersebut akan bermain dengan program yang kita buat sendiri, seperti gambar dibawah ini. 

1 komentar: