background

Rabu, 03 Juli 2013

Game Chicken Matches

Tugas Softskil
Pengantar Teknologi Game




Disusun Oleh :
Andiny Oktariana    (50410717)
Erdendi Lesmana   (59410125)
Shatria Cesarya     (56410504)


3IA01

Permainan ini menggunakan icon ayam yang berukuran 30 x 30 pixel sebagai pengganti “ korek api “ beserta background dengan gambar sebuah halaman rumah yang indah. . Di sini saya menggunakan 6 pos atau sekitar 21 ayam yang tersusun dari pos satu sampai pos 6. Selain itu saya juga menyisipkan timer selama 10 detik untuk bermain game ini. Game Chicken Matches merupakan permainan logika, dimana seorang pemain akan melawan AI computer (sebagai lawan)  untuk memenangkan permainan ini. Game ini melatih dan mengasah otak pemainnya untuk berfikir menggunakan strategi yang tepat dalam menjalankan permainan ini, sehingga bisa memenangkan permainan ini melawan AI computer. Game Chicken Matches ini merupakan game pengembangan dari game matches yang terdapat di Strawberry Prolog, dan game tersebut berbasis AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Game ini mampu berfikir layaknya seorang manusia hingga dapat dikatakan “cerdas” (anggapan manusia). Saat game ini dimainkan oleh seorang pemain, game ini akan berusaha berfikir bagaimana mengalahkan sang pemain dan bagaimana dapat mengalahkan pemainnya.
Cara bermain pada game ini cukup sederhana, yaitu siapa yang mengambil terakhir, dialah yang kalah. Dalam game ini, pemain(user) dibatasi dengan waktu sehingga user di tuntut untuk berpikir keras bagaimana agar bisa memenangkan game yang sederhana ini, karena ketika wajtu sudah berakhir uitu artinya tidak ada kesempatan berfikir bagi user untuk memenangkan game ini. Jadi user atau computer yang setelah mengambil ayam kemudian sisa satu sebelum waktu permainan berakhir, maka dialah pemenangnya, sedangkan user atau computer yang mengambil ayam tersisa sebelum waktu permainan berakhir, dialah yang kalah. Aturan main yang digunakan pada game Chicken Matches ini adalah sebagai berikut:
1.    User memulai permainannya terlebih dahulu dan user mengklik item yang diinginkan untuk diambil. Item yang bisa di klik hanya berada dalam satu column saja.
2.     Setelah itu, computer akan mulai jalan permainan setelah user jalan permainan.
  1.  Komputer diberi pembelajaran untuk menghalangi jalan user (mengambil item) untuk mencapai Goal.
  2.   Komputer diberi pembelajaran untuk memenangkan game ini (menyisakan satu item), karena game ini jangan ambil item terakhir


Goal (tujuan) untuk menyelesaikan permainan Chicken Matches ini adalah menyisakan satu ayam terakhir untuk lawan yaitu computer (AI). Karena game ini “ Don’t take the last “ atau “ Jangan ambil item terakhir”. Selain itu game ini juga disertai timer dengan batas waktu 10 detik. Jika dalam 10 detik tidak ada yang dapat menyisakan satu ayam terakhir baik itu AI ataupun user artinya game tersebut berakhir dan kita dapat mencoba kembali untuk memenangkan game tersebut






Untuk mencoba permainan silahkan Download Game Chicken Matches